Stephen Hillenburg sang Pencipta acara Nickelodeon “SpongeBob SquarePants “ Meninggal Dunia

0
107

Stephen Hillenburg sang pencipta acara Nickelodeon  yaitu “SpongeBob SquarePants” meninggal dunia di usia 57 tahun. Berita ini disiarkan oleh media asing selasa lalu (27/11/2018)

Hillenburg  dikabarkan meninggal setelah berjuang melawan penyakitnya yaitu Lou Gehrig’s. Penyakit Lou Gehrig’s atau Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS) adalah penyakit yang menyerang saraf motorik di otak  dan tulang belakang. Sebelumnya di bulan maret lalu dia mengatakan bahwa dia didiagnosa menderita penyakit neurodegeneratif.

Hillenburg lahir di Oklahoma pada tahun 1961 yang merupakan lulusan Universitas Humboldt State tahun 1984 dan mendapat gelar Perencanaan Sumber Daya Alam dan menjadi guru biologi kelautan di Dana Point, California. Di tahun 1982 dia mengejar karir di bidang animasi dengan berkuliah di California Institute of Arts di Valencia dan mendapatkan gelar animasi eksperimental.

Di tahun berikutnya dia mulai bekerja sebagai penulis dan sutradara di Nickelodeon’s “ Rocko’s Modern Life”. Hillenburg bekerja dengan sepenuh waktu untuk memproduksi seri animasinya yang kemudian dikenal dengan nama “SpongeBob SquarePants” yang dimulai debutnya mulai tanggal 1 Mei  1999.

Berkat ketekunannya, acara SpongeBob SquarePants mendapatkan beberapa penghargaan diantaranya four Emmys dan six Annie Awards. Selanjutnya Hillenburg mengadaptasikan acaranya ke layar lebar sehingga terciptalah “The SpongeBob SquarePants Movie” yang dirilis pada tahun 2004 dan “ The SpongeBob Movie : Sponge Out of Water” yang dimulai debutnya pada tahun 2015.

Hillenburg mengatakan dalam wawancaranya dengan Nick Animation bahwa kartun SpongeBob terinspirasi dari ilmu kelautan yang disukainya. Dia memfokuskan dua hal tersebut dan tidak pernah menyangka bahwa keduanya akan bersatu.

Source : CBS NEWS