Perjalanan Hidup Stephen Hillenburg, Kreator Spongebob Squarepants yang Meninggal Dunia Selasa Lalu

0
156

SOREWA.NET – Kabar duka masih dirasakan oleh pencinta kartun Nickelodeon. Pencipta serial Spongebob Squarepants, Stephen Hillenburg, meninggal pada usia 57 tahun. Stephen Hillenburg menghembuskan nafas terakhirnya karena penyakit amyotrophic lateral sclerosis (ALS).

Berdasarkan keterangan kerabat Stephen Hillenburg, sang pencipta tokoh Spongebob Squarepants ini mengidap amyotrophic lateral sclerosis (ALS) atau motor neurone disease (MND), sejak Maret 2017 silam.

Seperti diketahui, Stephen sendiri sudah membuat serial Spongebob Squarepants kurang lebih 250 episode.

“Steve membuat Spongebob Squarepants menjadi serial dengan rasa humor dan kepolosan  yang unik. Kartun ini berhasil memberikan tawa bagi anak-anak dan orangtuanya” kata Nickleodeon seperti yang dikutip dari laman resminya.

Nah, untuk lebih mengenal sang kreator Spongebob Squarepants, Stephen Hillenburg, berikut catatan perjalanan hidupnya.

Seperti diketahui, Stephen Hillenburg sendiri adalah animator, penulis, produsen, aktor, pengisi suara, sekaligus direktur asal Amerika Serikat. Salah satu animasinya yang paling populer adalah Spongebob Squarepants.

Dirinya lahir di Lawton, Oklahoma. Saat masih berusia satu tahun, Hillenburg pindah ke Orange County, California. Menginjak usia dewasa, kreator Spongebob Squarepants ini kuliah di Humboldt State University. Dirinya lulus pada tahun 1984 dan mendapatkan gelar dalam interpretasi dan perencanaan sumber daya laut.

Pasca lulus, dirinya sempat bekerja sebagai guru biologi laut di Ocean Institute, Dana Point pada akhir tahun 1980-an.

Merasa pekerjaannya sebagai pengajar kurang cocok, dia kemudian menggeluti bidang animasi. Demi menunjang kariernya, Stephen Hillenburg lalu masuk ke California Institute of the Arts (CalArts) pada tahun 1992.

 

Stephen Hillenburg
Stephen Hillenburg (Dave Allocca/Starpix/Rex/Shutterstock)

Beberapa tahun setelah lulus dari CalArts, Hillenburg bertemu Joe Murray, pembuat serial Rocko’s Modern Life dan ditawarkan pekerjaan sebagai sutradara animasi.

Tak mau melewatkan kesempatan emas, Stephen Hillenburg kemudian menyetujui tawaran tersebut dan bekerja sebagai penulis, produser, serta seniman papan cerita pada musim ketiganya.

Berkat kerja kerasnya yang luar biasa, Hillenburg kemudian diberikan kesempatan untuk  membuat musim keempat Rocko’s Modern Life.

Sayangnya karena suatu masalah, serial tersebut terpaksa dihentikan. Namun, hal ini malah menjadi batu lompatan bagi Hillenburg. Pasalnya, pada tahun 1996, dirinya berhasil melahirkan serial Spongebob Squarepants yang terus diminati masyarakat seluruh dunia bahkan hingga saat ini.

Spongebob Squarepants sendiri pertama ditayangkan pada 1 Mei 1999. Kala itu,  karya Stephen Hillenburg ini berhasil menjadi hit global karena telah diterjemahkan ke dalam lebih dari 60 bahasa.

Selain itu, Hillenburg juga telah menulis, memproduksi dan mengarahkan Spongebob Squarepants the movie pada tahun 2004. Film tersebut berhasil meraup untung hingga $ 140 juta (Rp 2 triliun)  di seluruh dunia.

“Kukira kami hanya akan menggarap empat musim serialnya saja, tapi aku tidak menyangka akan ada Spongebob Squarepants movie,” ungkapnya pada Guardian tahun 2016 silam.

Setelah film tersebut selesai, dia berhenti mengerjakan acara dan menunjuk Paul Tibbitt sebagai showrunner serial Spongebob Squarepants.

Dalam hal penghargaan, Hillenburg telah memenangkan satu Emmy Award dan enam Annie Award untuk Spongebob Squarepants.

Selain itu, dirinya juga telah mendapat penghargaan Walk the Talk dari Heal the Bay untuk usahanya dalam meningkatkan kesadaran kehidupan laut melalui Spongebob Squarepants, dan Television Animation Award dari National Cartoonists Society. Pada 2002, dia mendapat Statue Award dalam film dari Princess Grace Foundation.

Selamat jalan sang kreator legend, mahakarya Spongebob Squarepants bakal terus tertanam di lubuk hati masyarakat dunia.