Perbedaan Trailer, Teaser, TV-Spot dalam Sebuah Perilisan Film

Perbedaan Trailer Teaser TV Spot dalam Sebuah
Perbedaan Trailer Teaser TV Spot dalam Sebuah

Pastinya kita semua pernah nonton film kan, di zaman dengankemajuan teknologi seperti sekarang ini, film merupakan salah satu ‘penghibur’ bagi kita di kala waktu santai dan rasa penat melanda. Jadi mereka yang diluar sana, sebut saja perusahaan pembuat film berlomba-lomba membuat film sekeren dan semenarik mungkin untuk kita para penontonnya. Selain itu, yang terpenting dalam sebuah perilisan film adalah metode promosi untuk ‘menjual’ sebelum film itu benar-benar tayang. Dari promosi di jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, YouTube, dan lainnya dengan tujuan satu yaitu untuk memperkenalkan pemerannya sampai promosi video cuplikan yang menjadi ‘senjata andalan’ dalam film tersebut.

Bagi kamu yang sering membuka situs video online seperti YouTube, iTunes Movie Trailer, Vimeo dan suka menonton film di sana, pasti kalian sering menjumpai kata-kata berikut ini mulai dari trailer, teaser, clip, featurette, TV-spot, sampai behind-the-scenes. Lalu jika kalian bertanya dan bingung apa arti kata tersebut, kalian sebentar lagi akan menemukan jawabannya di sini. Sebelumnya yang harus kalian tahu, kata-kata diatas memiliki arti yang hampir sama, namun masing-masing ada perbedaan dan penjelasannya, oke langsung kita bahas.

Trailer

Pertama trailer. Dalam dunia perfilman, trailer diartikan sebagai bentuk promosi sebuah film yang akan tayang. Panjang sebuah video trailer kurang lebih 2-3 menit. Trailer pertama kali muncul di tahun 1913 untuk mempromosikan film The Pleasure Seekers di Amerika, negeri yang terkenal dengan Hollywood-nya. Trailer memuat plot inti cerita dalam film, termasuk pemeran, sutradara, produser, distributor dan yang pasti memberi tahu waktu tayang perdana film tersebut.

Trailer film booming di pertengahan tahun 1990-an, ketika internet baru mulai mewabah di seluruh dunia. Bahkan saat ini, trailer film melalui video di internet seakan sudah menjadi media promosi paling efektif dalam promosi sebuah film. Beberapa produser film biasanya merilis video trailer film mereka setahun sebelum waktu tayangnya di bioskop.

Teaser

Kedua adalah Teaser yang dalam bahasa Indonesia berarti ‘penggoda’. Teaser memang dirilis dengan tujuan untuk menggoda atau membuat orang bertanya-tanya atau penasaran apa yang akan dia tonton di film tersebut. Dengan durasi kurang lebih 1 menit, teaser memuat cuplikan-cuplikan adegan dalam sebuah film, ciri khasnya disini adalah minim keterangan tentang film tersebut. Teaser film biasanya dirilis sebelum trailer dan dibuat untuk promosi awal mengenalkan sebuah film yang akan tayang, bertujuan untuk membuat film itu menjadi bahan perbincangan di khalayak ramai.

Clip

Yang ketiga adalah Clip, ini lebih pendek dari teaser, clip lebih ditujukan untuk fokus pada adegan inti sebuah film. Dengan durasi antara 30 detik sampai 1 menit, clip dibuat secara singkat, padat, jelas dan mengena kepada calon penikmat film.

Featurette

Kelima adalah Featurette, mungkin cukup asing untuk sebagian orang, beberapa fitur dalam film akan dimunculkan di Featurette ini, lebih diartikan sebagai cuplikan yang ada dalam film dan dibuat untuk membahas beberapa adegan dalam sebuah trailer bersama pemeran dalam film tersebut. Beberapa bagian ini juga dijadikan fitur tambahan dalam kepingan DVD film tersebut. Featurette biasanya dimunculkan setelah trailer sebuah film dirilis. Durasi featurette biasanya kurang lebih 3 menit.

TV-Spot

Keenam adalah TV-Spot. Sesuai sebutannya, video ini ialah cuplikan film yang ditujukan untuk promosi di televisi, media yang cukup ampuh karena hampir setiap rang di dunia ini kini memiliki benda tersebut. Sebagai video singkat dengan durasi yang berkisar 20-30 detik, TV-spot seakan dibuat dalam konteks yang berisi dan padat, mudah dimengerti dan harus merangkum keseluruhan isi film yang akan tayang tersebut, dengan harapan mengena langsung kepada pemirsa secara umum.

Behind the Scenes

Terakhir adalah Behind the Scenes (dibalik layar) adalah potongan video yang menampilkan cuplikan proses pembuatan sebuah film. Behind the Scenes biasanya dipandu oleh kru seperti sutradara, produser, juga pemain dalam film itu sendiri. Soal durasi hampir sama dengan trailer sebuah film, bisa 2-3 menit.

Perbedaan Trailer, Teaser, TV-Spot dalam Sebuah Perilisan Film
Beri penilaian untuk post ini

Yuk! Baca Lainnya

Film Live Action 4-Gatsu no Kimi, Spica Hadir di 5 April 2019 ! Situs website resmi untuk adaptasi Film Live Action dari Manga 4-Gatsu no Kimi, Spica karangan Miwako Sugiyama mengumumkan pada Kamis (31/1/2019) bahw...
Film Live Action Kingdom Hadir di 19 April 2019 ! Film Live Action Kingdom yang merupakan adaptasi dari manga berjudul Kingdom karangan Yasuhisa Hara akan hadir pada 19 April 2019. Film ini disutradar...
Manga Perfect World akan hadir Seri Live Action-nya ! Fuji TV mengumumkan pada Rabu (30/1/12019) bahwa manga Perfect World karangan Rie Aruga akan mendapatkan seri Live Action-nya. Seri adaptasi Live Acti...
Sequel Film Pokemon : Detecive Pikachu Mulai Dikerjakan Situs website the Hollywood Reporter mengumumkan pada hari Jumat (25/1/2019) bahwa sequel Film Live Action Pokemon : Detective Pikachu telah mulai dik...