Penjelasan dan Misteri Penggunaan Hachimon Tonkou


Delapan gerbang pembuka atau yang sering disebut Hachimon Tonkou, adalah teknik menarik yang di miliki Gai/Guy atau ada yang menyebutnya Might Guy dan Lee.

Penjelasan dan Misteri Penggunaan Hachimon Tonkou

Hachimon Tonkou adalah kemampuan khusus yang membuka titik-titik chakra.  Dengan mengaktifkan Gerbang dengan cara tertentu ini seorang yang mampu melakukannya akan mampu menaikkan kemampuan dengan cara Instan.

Akan tetapi dengan membuka titik-titik chakra itu tentu saja akan memiliki efek setelah penggunaannya. Dan efeknya berbeda-beda setiap gerbangnya.  Setelah seseorang itu mampu membukanya maka pengguna dapat dengan mudah melampui batas kemampuan fisiknya yang mana efeknya akan menimbulkan kerusakan ekstrim pada bagian tertentu pada tubuhnya.

Di Ceritakan dalam chapter manga Naruto, dua Shinobi yang mampu menguasai Hachimon Tonkou yaitu Gai dan juga muridnya Lee.

Lee yang bernama lengkap Rock Lee tercatat telah mampu membuka 5 Gerbang dasar dari Delapan Gerbang yang ada. Sedangkan Gurunya Might Guy tercatat mampu membuka 8 Gerbang yang ada.

Hachimon Tonkou

Hachimon

Membuka Gerbang ini ternyata bukan pekerjaan yang mudah, bahkan oleh Shinobi berbakat sekalipun.

Kemampuan seseorang yang mampu memiliki kedelapan gerbang tersebut dikenal dengan sebutan Hachimon Tonkō no Jin atua Eight Gates Released Formation. Yang menarik seseorang yang sukses dan mengaktifkan Kedelapan Gerbang ini dalam periode tertentu akan memiliki kemampuan yang lebih tinggi dari para Kage.

Yang perlu dicatat, ketika seseorang telah membuka delapan Gerbang ini akan lebih cepat mati atau periode hidupnya akan semakin pendek. Ini dikarenakan disaat penggunaanya akan terjadi kerusakan pada tubuh mereka. Dan juga dikarenakan jumlah besar chakra yang membanjiri tubuh sekaligus, perubahan drastis dapat terjadi pada tubuh pengguna. Yang paling umum dari perubahan ini adalah penggelapan kulit, letusan pembuluh darah di titik-titik yang dibuka. Aura hijau di sekitar pengguna dapat dengan mudah dipandang keliru sebagai chakra seperti dalam kasus Kisame ketika melawan Guy. Guy menjelaskan bahwa zat hijau yang keluar disekitar tubuhnya adalah keringatnya yang menguap dengan kecepatan tinggi, karena kenaikan kuat dalam suhu tubuh pengguna.

Dan Berikut ini adalah Kedelapan Gerbang dan Lokasinya

1.  Gerbang Pembuka (开门, Kaimon ), yang terletak di otak . Gerbang ini menghilangkan pembatasan dari otak pada otot-otot sehingga 100 % dari kekuatan mereka dapat digunakan, Disaat normal seseorang hanya dapat menggunakan 20 % dari kekuatan otot mereka untuk menjaga mereka dari disintegrasi . Membuka gerbang ini memungkinkan pengguna untuk menggunakan Omote Renge.

2.  Gerbang Penyembuh (休 门, Kyūmon ; Inggris TV ” The Gate of Rest ” ), yang terletak di otak. Teknik ini memaksa peningkatan pada kekuatan fisik seseorang dan menambah energi tubuh yang dimiliki.

3.  Gerbang Kehidupan (生 门, Seimon ), yang terletak di sumsum tulang belakang . Memungkinkan pengguna untuk menggunakan Ura Renge. Meningkatnya aliran darah disaat penggunaannya kulit berubah menjadi merah.

4.  Gerbang Penderitaan (伤 门, Shōmon ), yang terletak di sumsum tulang belakang . Meningkatkan kecepatan pengguna dan penguasaan diri. Dapat menyebabkan jaringan otot robek pada penggunanya.

5.  Gerbang Penutupan (杜 门, Tomon , TV Inggris ” The Gate of Closing ” ), yang terletak di perut . Meningkatkan kecepatan pengguna dan Penguasaan diri.

6.  Gerbang Penglihatan (景 门, Keimon ; Inggris TV ” The Gate of Joy ” ), yang terletak di perut . Meningkatkan kecepatan pengguna dan kekuasaan . Memungkinkan pengguna untuk melakukan Asa Kujaku . Pembukaan gerbang ini melepaskan sejumlah besar chakra sehingga menyebabkan udara di sekitar pengguna membentuk pusaran.

7.  Gerbang Keajaiban (惊 门, Kyōmon ; Inggris TV ” The Gate of Shock” ), terletak di bawah perut . Meningkatkan kecepatan pengguna dan kekuasaan . Memungkinkan pengguna untuk melakukan Hirutora . Mereka yang membuka gerbang ini akan mengeluarkan banyak aura bersinar Hijau – Biru di anime – hal itu terjadi karena keringat yang keluar pada tubuh penggunanya menguap karena aura panas pada tubuh mereka sendiri , menciptakan aura yang digunakan sebagai pelapis chakra . Sayangnya , efek samping dari membuka gerbang ini akan mencabik-cabik saraf otot penggunanya , menyebabkan rasa sakit jika mereka disentuh.

8.  Gerbang Kematian (死 门, Shimon ), yang terletak di jantung . Penggunanya akan muncul aura merah. Melepaskan gerbang ini menggunakan semua energi tubuh . Hal ini membuat pompa jantung pada daya maksimum dan melebihi kekuatan setiap gerbang lainnya, tapi dalam penggunaanya harus mengorbankan hidup penggunanya.

Dan diceritakan dalam manga Naruto Shinobi yang bisa menguasai semua kedelapan gerbang itu adalah Guy, dia menggunakannya untuk mengimbangi Madara disaat dalam mode rikudou, dan alhasil Madara hampir kewalahan untuk mengatasi Guy.

Bagaimana menurut kalian, kerenkan teknik Taijutsu ini? Teknik ini tidak bisa diremehkan bagi para shinobi pengguna Ninjutsu dan genjutsu…

What's Your Reaction?

Angry Angry
0
Angry
Cute Cute
0
Cute
Fail Fail
0
Fail
Geeky Geeky
0
Geeky
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF

Penjelasan dan Misteri Penggunaan Hachimon Tonkou

log in

reset password

Back to
log in