Mengenang 10 Anime Fenomenal yang Pernah Tayang di SCTV

4
61

Tak terasa 25 tahun sudah SCTV memberikan dedikasinya dalam rangka menghibur masyarakat Indonesia. Jika kita melihat ke belakang, SCTV juga pernah menayangkan berbagai serial anime top dari Negeri Sakura. Merayakan ulang tahun SCTV yang ke-25 pada tahun ini, maka tak ada salahnya jika kita mengenang kembali anime populer apa saja yang pernah menyambangi stasiun televisi satu untuk semua ini.

Dari sekian banyak anime fenomenal yang telah mengudara ini, tema yang ada memang cukup disukai oleh masyarakat Indonesia. Bahkan, anak-anak pada eranya tak henti-hentinya membicarakan di sekolah. Lantas, apa saja anime fenomenal terbaik yang pernah mengudara di SCTV? Simak sepuluh deretan terpilih berikut ini.

1. Samurai X

Samurai X atau yang di Jepang dikenal sebagai Rurouni Kenshin memang telah menjadi salah satu judul anime populer di Indonesia. SCTV telah berjasa dalam menayangkan salah satu mahakarya Nobuhiro Watsuki ini. Apalagi, para pengisi suaranya mampu menghidupkan karakter Kenshin, Sanosuke, Kaoru, dan Yahiko secara tepat. Anime Samurai X memiliki jumlah episode sebanyak 95 buah dan penayangannya sempat berpindah ke stasiun televisi lain. Saat tayang di SCTV, lagu pembuka dan penutup asli yang berbahasa Jepang tak diubah, hingga membuat para otaku bersorak gembira.

2. Arale (Dr. Slump)

Meskipun anime Dr. Slump sudah tayang sejak 1980-an di Jepang, namun SCTV berhasil membuat anak-anak Indonesia tertawa berkat penayangan kisah satu ini ke layar kaca tanah air. Tema pembuka yang dialih suarakan ke bahasa Indonesia, menjadi satu rangkaian lirik lagu yang kocak dan menggelitik. Apalagi para pengisi suaranya sukses membuat kita gemas tanpa megurangi sisi . Salah satu mahakarya pengarang Dragon Ball, Akira Toriyama ini, aslinya hanya memiliki 18 jilid manga. Akan tetapi, anime aslinya diputar di Jepang sebanyak 243 episode.

3. Makibao

Anime Makibao atau yang berjudul asli Midori no Makibao, sangat terkenal ketika tayang di SCTV berkat para pengisi suara yang mampu mengimbangi unsur komedi di dalamnya. Aslinya, anime bertema pacuan kuda ini mengudara di Jepang sebanyak 61 episode dari kisah manga yang jumlahnya hanya 16 volume. Daya tarik Makibao tentu saja pada karakter utamanya, seekor kuda mungil bernama Midori Makibao yang bercita-cita menjadi juara balap kuda.

4. B’T X

Anime yang diadaptasi dari manga ciptaan pengarang Saint Seiya, Masami Kurumada, pernah menjadi favorit anak-anak di Indonesia pada masanya saat tayang di SCTV. Apalagi di dalam ceritanya terkandung unsur-unsur menggugah yang cukup menginspirasi. Soundtrack yang dialih suara pun tak mengurangi kenikmatan dalam menonton. Berbeda dengan Saint Seiya yang kala itu pernah tayang distasiun televisi lain, B’T X mengangkat konsep pendekar yang bertarung dengan robot berbentuk hewan tunggangannya demi mengungkap misteri Kerajaan Mesin.

5. Popolocrois

Kisah dalam Popolocrois memang berasal dari video game. Akan tetapi setelah dirilis ke dalam format anime, SCTV tak ketinggalan menayangkan petualangan Pangeran Pietro ini. Ditambah lagi, para pengisi suara yang menghidupkan masing-masing karakter pun terdengar menggemaskan, sesuai dengan desain tokohnya. Konsep cerita anime yang sangat kental dengan nuansa fantasi dan kerajaan ini, turut dihiasi oleh soundtracknya yang indah. Kebetulan, lagunya pun tak dialih suara ke bahasa Indonesia. Jadi, melodi-melodi aslinya pun tiba di telinga kita.

6. Tokyo Mew Mew

Dihiasi oleh karakter yang manis dan imut, Tokyo Mew Mew memusatkan pada lima gadis berkekuatan hewan yang membentuk sebuah kelompok pemberantas kejahatan. Tentunya, SCTV pernah membuat para otaku wanita di Indonesia bergembira setelah menayangkan anime ini di hari libur. Memang, kala itu anime bertema sama seperti Sailor Moon dan Wedding Peach terlebih dahulu populer di layar kaca Indonesia. Akan tetapi, Tokyo Mew Mew sukses memberi nuansa seru tersendiri.

7. Monster Rancher

Bernama lain Monster Farm, adalah salah satu seri produk fiksi untuk anak-anak. Monster Farm telah keluar di berbagai produk seperti mainan, manga, anime, permainan video, permainan kartu, aksesoris, action figure, dan lainnya. Monster Farm mempunyai kemiripan dengan seri produk fiksi lainnya seperti Pokemon dan Digimon, dimana menceritakan tentang pemeliharaan binatang berjenis monster. Awalnya Monster Farm lahir tahun 1997 di permainan video oleh Tecmo pada konsol Playstation. Versi anime yang pernah tayang di SCTV ini memiliki nama yang sama dengan total 73 episode.

8. Master Cooking Boy

Berawal dari manga berjudul Chūka Ichiban yang dikarang oleh Etsushi Ogawa, serial anime bernama ‘Cooking Master Boy’ menceritakan tentang seorang anak berusia 13 tahun bernama Liu Mao Hsing yang bertualang ke seluruh daratan China untuk meneruskan tekad ibunya menjadi juru masak. Ia berkeinginan membahagiakan orang lain dan menghancurkan dunia masak Gerilya, serta mengumpulkan 7 peralatan masak legendaris untuk mencegahnya jatuh ke tangan yang salah. Berkat SCTV, anime ini menjadi terkenal sebagai anime dengan cerita masakan yang terkenal di zamannya.

9. Ojomajo Doremi

Di Indonesia, anime ini disiarkan oleh SCTV pada tahun 2004-2005, Ojomajo Doremi atau Magical Doremi adalah sebuah anime bergenre gadis sihir. Ceritanya difokuskan pada beberapa orang siswi SD yang menjadi calon penyihir. Dipimpin oleh Harukaze Doremi, mereka harus menyimpan identitas mereka sebagai calon penyihir sebagai rahasia.

10. Kiteretsu

Disebut Juga sebagai Kiteretsu Ensiklopedia yaitu manga seri fiksi ilmiah karangan Fujiko Fujio yang berlari di majalah anak-anak Kodomo no Hikari dari April 1974 hingga Juli 2000. Manga ini kemudian dibuat menjadi 331 episode serial anime TV yang berjalan pada Fuji TV dari 27 Maret 1988 sampai dengan 9 Juni 1996. Seri yang pernah tayang di SCTV ini pernah ditayangkan di Hungama TV, Disney XD, Cartoon Network Korea pada 2014.

Judul-judul Lain:

Selain judul-judul yang telah disebutkan, SCTV juga pernah menayangkan beberapa anime fenomenal nan seru seperti Sakura Wars, Robotan, Ace O Nerae, Metropolis, Ninja Kabamaru, Dog Of Flandre, Dual Parallel Trouble, Lets Ask Dr. Rin, Virtua Fighter, Space Tekker, Danguard Ace, Grandizer, Nono-Chan, Run-Dim, sampai Street Fighter v2.

Dari beberapa judul tersebut, tentunya menyimpan kenangan tersendiri bagi yang pernah mengalami masa kecil di pertengahan 1990-an hingga awal tahun 2000.

 

Sumber: Liputan6