Mengenal 20 Studio Anime Terfavorit di Jepang


Mengenal 20 Studio Anime Terfavorit di Jepang - Sorewa

Sorewa.net – Dalam memutuskan anime mana yang akan kita tonton, biasanya selain cerita, gambar, seiyuu, atau karya orisinilnya (game, manga, light novel), kita juga melihat studio manakah yang menjadi pembuat anime tersebut. Rata-rata nama sebuah studio anime itu konsisten dengan kualitas anime-nya nanti. Saat ini terdapat puluhan studio anime yang tersebar diseluruh pelosok Jepang, dan di postingan ini mari kita mengenal 20 studio pembuat anime terbaik di Negeri Sakura tersebut. Berikut daftarnya.

20. Silver Link

Silver Link didirkan pada tahun 2007. Anime mereka yang berhasil mendapat perhatian penonton adalah adaptasi dari Light Novel Baka to Test no Shoukanjuu. Anime komedi romantis ini mendapat sentuhan ala Akiyuki Shinbo karena sutradaranya pernah menjadi asisten Shinbo saat masih bekerja di Shaft.

19. GoHands

Berdiri Agustus 2008, GoHands adalah salah satu studio animasi Jepang yang didirikan oleh mantan anggota Satelight. Salah satu anime pertama mereka diproduksi adalah Princess Lover!. Untuk karya produksi anime mereka lainnya adalah Cheburashka Arere?, Seitokai Yakuindomo, K-Project, Coppelion.

18. CoMix Wave

Didirikan tahun 1998, CoMix Wave adalah studio yang memproduksi berbagai karya anime dari kreator-kreator anime, tidak hanya Makoto Shinkai. Karya lainnya termasuk anime mecha 3D Planzet dan anime pendek Inferno Cop bersama dengan Studio Trigger. Anime produksi studio ini juga sarat akan penghargaan skala internasional, seperti International Festival of Animated Film Stuttgart, Canada Fantasia Film Festival, Asia Pacific Screen Award, dan lain-lain. Penerima penghargaan itu kebanyakan adalah anime karya Makoto Shinkai.

17. Gainax

 

Besar di era 80an sering memproduksi anime original bertema mecha. Kalaupun tanpa mecha selalu kisahnya aneh seperti FLCL atau berakhir dengan ending tidak enak. Namun semenjak tren moe anime tahun 2000, studio ini perlahan meredup. Hingga tahun 2012 belum ada produknya yang meledak lagi seperti Neon Genesis Evangelion ataupun Tengen Toppa Gurren Lagann. Diperparah beberapa stafnya yang keluar mendirikan studio sendiri.

16. Trigger

Trigger sebenarnya adalah studio baru yang didirikan oleh Hiroyuki Imaishi, sutradara dibalik Tengen Toppa Gurren Lagann. Bersama dengan staf-staf yang mengerjakan Gurren Lagann, Imaishi meninggalkan Gainax dikarenakan dia tidak lagi bebas untuk membuat judul-judul orisinil. Karya studio ini antara lain Little Witch Academia, Kill la Kill.

15. WIT Studio

Studio yang mampu menjadikan seri Attack on Titan dari sebuah manga medioker yang orang dengar menjadi anime fenomenal dan merajai percaturan animanga seluruh dunia di tahun 2013, itulah WIT Studio. Dari trailer pertama Attack on Titan langsung terlihat hasil anime hasil studio ini terlihat sangat woow. Meski dibantu oleh Production I.G, WIT mampu menghasil Attack on Titan menjadi anime dengan kualitas yang sangat bagus.

14. Ufotable

Ufotable adalah sebuah studio animasi yang dibentuk pada tahun 2000 oleh mantan staf TMS Entertaiment melalui Cabang Telecom Animation Film di Nakano, Prefektur Tokyo. Biasa terlihat membuat OVA, film anime layar lebar atau klip cutscene game, Ufotable akhirnya kembali memasuki ranah anime seri TV dengan Fate/zero. Ufotable bukanlah pemain baru seperti WIT, dengan lebih dari 1 dekade sejarah berkarya. Namun saya sendiri baru melihat kekuatan Ufotable sejak film Kara no Kyoukai.

13. Madhouse

Studio animasi yang dibentuk pada tahun 1972 oleh mantan animator-animator Mushi Pro, Madhouse dikenal sebagai studio yang membantu beberapa karya animasi yang cukup dikenal, dimulai dari Ace o Nerae! pada tahun 1973, dan beberapa animasi favorit seperti Death Note, No Game No Life, Summer Wars, Wolf Children, dll., Studio ini juga bertanggung jawab atas produksi anime Beyblade pertama dan adaptasi Hunter x Hunter pada tahun 2011.

12. Studio Pierrot

Studio Pierrot adalah studio animasi Jepang yang didirikan pada tahun 1979 oleh mantan karyawan dari Tatsunoko Production. Kantor pusatnya terletak di Mitaka, Tokyo. Perusahaan ini memiliki logo yang sederhana dari wajah badut. Pierrot adalah kata sserapan dalam bahasa Jepang untuk badut, yang diadopsi dari karakter klasik Pierrot. Karya mereka antara lain Naruto, Bleach, Beelzebub, Doraemon, Yu Yu Hakusho, Blue Dragon.

11. Toei Animation

Toei Animation adalah nama sebuah studio animasi Jepang yang dimiliki oleh perusahaan Toei Company. Studio animasi ini didirikan tahun 1956, dan sejak saat itu Toei sudah memproduksi berbagai judul film animasi. Garapan-garapan mereka juga banyak dikenal di Indonesia. sebut saja One Piece, Dragon Ball, Air Gear, Gegege No Kitarou, Digimon.

10. Studio Deen

Studio yang terlahir tahun 1975 dan secara rutin menghasilkan anime-anime berkualitas. Beberapa anime terbaik dari studio ini antara lain Kore wa Zombie Desu ka?, Sankarea, Higurashi no Naku Koro ni series, serial Hetalia, dan tentu saja anime legendaris Rurouni Kenshin atau Samurai X.

9. Studio Ghibli

Studio paling disegani di seantero Jepang karena karyanya yang jauh di atas rata-rata dan kualitas yang menuai pujian kritikus. Studio yang bahkan disegani Hollywood ini merupakan salah satu pionir animasi Jepang yang juga banyak berkiprah di dunia internasional. Tak hanya di Jepang, karya Ghibli juga bahkan merupakan langganan nominator Oscar, dengan karya terbarunya, Spirited Away yang meskipun dikalahkan Frozen tetap dapat bersaing dalam satu panggung di gelaran akbar tersebut. Karya studio ini antara lain: My Neighbour Totoro dan Laputa: Castle in the Sky. Studio ini juga identik dengan salah satu tokoh hebatnya, Hayao Miyazaki.

8. Bones

Bones didirikan oleh anggota staf Sunrise, Masahiko Minami, Hiroshi Osaka dan Toshihiro Kawamoto pada Oktober 1998. Salah satu proyek pertama mereka yang bekerjasama dengan Sunrise adalah Cowboy Bebop: Knockin’ on Heaven’s Door, sebuah film berdasarkan serial TV anime Cowboy Bebop. Bones belakangan dikenal dengan karya besarnya yakni dua serial adaptasi Fullmetal Alchemist. Studio yang mempunyai artwork khas ini juga menghasilkan anime berkualitas seperti Soul Eater, Darker than Black, dan Eureka Seven.

7. J.C.Staff

Didirikan pada tahun 1986, studio ini menanjak lewat karya Toaru series, Sakura-sō no Pet na Kanojo, Shakugan no Shana, Kaichou wa Maid-sama!, Nodame Cantabile, Toradora!. Story yang epik, studio ini sukses membuat para penontonnya berdecak kagum dengan cerita-cerita saringan mereka. Karya lainnya yaitu Hentai Ouji To Wakarai Neko, Ano Natsu De Materu, Bakuman.

6. A-1 Pictures

A-1 Pictures adalah sebuah studio animasi Jepang yang dibentuk oleh mantan anggota Sunrise Mikihiro Iwata. Studio ini dibentuk oleh Divisi Produksi Animasi SMEJ, Aniplex, pada tahun 2005 untuk menganimasikan anime-animenya. Pada tahun 2006, studio ini membantu produksi anime Zenmai Zamurai, dan ditahun yang sama pada bulan Oktober mereka membangun studionya di Asagaya, ditahun selanjutnya mereka memproduksi seri anime pertamanya yang berjudul Oukiku Furikabutte. Beberapa anime yang digarap A-1 Pictures adalah Persona Trinity Soul, Anohana, Valkyria Chronicles, Working, Black Butler, Sword Art Online, Gin no Saji, Shigatsu.

5. Production I.G

Didirikan pada tahun 1987, Production I.G adalah studio yang di-visi-kan oleh sang pendiri sebagai studio yang ingin lepas dari manga sebagai sumber material utama untuk diadaptasi. Sehingga banyak karya I.G adalah karya orisinal yang dibuat khusus untuk anime. Higashi no Eden, Psycho Pass, dan Gargantia adalah karya orisinal terbaru mereka. Karya lainnya adalah Blood-C, Guilty Crown.

4. Shaft

Meski sudah lama didirikan tahun 1975, Shaft baru terkenal dewasa ini. Khas dengan visual yang kadang tidak kalah abstraknya membuat hampir setiap karya studio ini dapat dipisahkan dengan sekali lihat. Meskipun beberapa musim belakangan ini Shaft tampak selalu mendapat jackpot dengan adaptasi yang cukup fenomenal. Karyanya antara lain Mahou Shoujo Madoka Magica dan juga serial Monogatari-nya.

3. P.A. Works

Meski didirikan tahun 2000 namun baru mengeluarkan serial animenya sendiri pada tahun 2008. Bisa dikatakan P.A. Works merupakan pemain baru di kancah dunia anime Jepang. P.A Works biasa membuat anime dengan tema drama, dari True Tears, Angel Beats, Nagi no Asukara, tentu dengan visual yang indah. Glasslip juga mungkin akan menjadi drama indah P.A Works lainnya.

2. Sunrise

Studio anime yang paling dikenal atas seri anime Mobile Suit Gundam, tidak hanya dikenal tetapi Sunrise juga termasuk studio anime yang sangat besar dan mungkin terkaya di Jepang. Sunrise dibangun pada tahun 1972 oleh mantan anggota Mushi Production. Sunrise dikenal sebagai studio yang membuat berbagai anime yang cukup terkenal seperti Gundam, Votoms, King Gainer, Code Geass, Valvare, dan masih banyak lagi. Meskipun Sunrise memfokuskan pada anime-anime mecha, ada juga karya mereka yang non-mecha seperti Love Live!, Danshi, Gintama.

1. Kyoto Animation

Dan inilah posisi pertama, Kyoto Animation yang juga dikenal sebagai KyoAni berhasil meraih peringkat pertama. Sesuai namanya, studio yang berdiri pada tahun 1981 ini tumbuh dan berkembang di Kyoto Jepang. Studio yang beberapa tahun lalu akrab dengan tema feels dan selalu memancing air mata dengan adaptasi dari visual novel garapan Key ini sekarang lekat bak pengantin baru dengan tema Moe. Meskipun begitu patut dicatat bahwa apapun animenya karya KyoAni selalu ada di rata-rata peringkat atas anime favorit satu season, bahkan punya fans sendiri sebagai studio. Karyanya antara lain Melancholy of Suzumiya Haruhi, K-On!, Nichijou, Hyouka, Free!, Amagi Brilliant Park, dll.

 

Dari daftar 20 studio animasi di atas, mana saja studio yang menghasilkan anime favorit kalian?

What's Your Reaction?

Angry Angry
0
Angry
Cute Cute
0
Cute
Fail Fail
0
Fail
Geeky Geeky
0
Geeky
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF

Mengenal 20 Studio Anime Terfavorit di Jepang

log in

reset password

Back to
log in