Memahami Makna Filler dalam Anime


vlcsnap-2015-09-18-14h17m07s156

Filler dalam bahasa Indonesia berarti “Pengisi”. Yap episode filler adalah episode pengisi atau tambahan yang ada didalam suatu anime. Episode filler alur ceritanya tidak ada di manga dan kadang mempunyai alur cerita tersendiri yang sangat berbeda. Tujuan episode filler adalah menjaga kesenjangan jarak antara anime dan manga, karena dengan begitu seorang seniman manga yang biasa disebut mangaka dapat memiliki lebih banyak waktu untuk membuat alur cerita manga sebelum diadaptasi menjadi serial anime, dan juga agar menghindari cerita di anime tidak mendahului alur cerita di manganya.

Dalam pembuatan episode filler seorang mangaka tidak terlibat dalam pembuatan alur ceritanya. Alur cerita sepenuhnya dibuat oleh pihak produksi animasi, khusus untuk anime Naruto pihak yang memproduksi adalah Studio Pierrot & TV Tokyo. Tapi terkadang Episode Filler ada turut campur mangaka sendiri.

Banyak yang tidak menyukai episode filler karena sering dianggap membosankan dan sia-sia, tapi itu semua tergantung penilaian masing-masing, setiap orang boleh berpendapat. Tapi ada baiknya kita menghargai episode filler itu, positifnya sebuah anime akan makin lama tamat dan tentunya memiliki karakter-karakter baru yang muncul, di Naruto kita tentunya mengenal Sora, Guren, Mina, Master Chen, Yota, dan lain-lain. Mereka merupakan karakter-karakter yang muncul di filler saja.

Jadi bisa disimpulkan manfaat filler dalam Anime
->Memperlambat jalan cerita,,maksudnya menjaga jarak antara cerita di komik (bila masih berjalan) dengan animenya supaya tidak berbenturan.
->Memperpanjang jalan cerita, biasanya pembuat anime tidak ingin terburu buru menamatkan karyanya…
->Mengungkap atau memperjelas suatu alasan cerita,yang biasanya dimana penulis komiknya tidak mempunyai ruang lingkup untuk menjelaskan alasan pada sebuah moment tertentu dalam
->Dalam Anime Filler kita juga akan disuguhkan cerita, informasi, serta tokoh baru yang tidak terdapat dalam manga, hal ini menjadi hiburan tersendiri bagi orang yang benar-benar menghargai Anime Favoritnya

What's Your Reaction?

Angry Angry
0
Angry
Cute Cute
0
Cute
Fail Fail
0
Fail
Geeky Geeky
0
Geeky
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
OMG OMG
1
OMG
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF

Memahami Makna Filler dalam Anime

log in

reset password

Back to
log in