Inilah 20 Animasi Keren Buatan Indonesia


Inilah 20 Animasi Keren Buatan Indonesia – Di tengah maraknya animasi buatan negara lain terutama Jepang dan Amerika, kita hampir lupa bahwa negara kita lewat anak-anak muda kreatifnya juga telah menciptakan animasi hasil karya mereka sendiri. Meski masih belum menyamai, setidaknya mereka mampu membuktikan bahwa kita juga bisa membuatnya, bahkan mampu bersaing dengan animasi buatan luar negeri.

Animasi di Indonesia memang sedang dalam proses berkembang, beberapa faktor menghalangi animasi buatan tangan anak bangsa untuk terkenal di negaranya sendiri. Namun mereka para animator tidak berdiam diri begitu saja, mereka tetap berkarya dengan membuat animasi-animasi keren hasil karya mereka. Seiring berjalannya waktu, kini beberapa rumah produksi animasi lokal juga telah berdiri untuk mendukung para animator di negeri ini.

Berikut adalah 20 animasi keren buatan anak bangsa, beberapa di antaranya ada yang hanya berupa film pendek, ada yang tayang di tv nasional, dan ada juga yang telah tampil di Bioskop.

1. Petualangan Si Adi

Petualangan Si Adi menjadi film animasi tiga dimensi atau 3D yang istimewa. Kenapa? karena kisah petualangan seorang siswa SMK tersebut dibuat oleh para siswa SMK. Film laga komedi tersebut berkisah tentang petualangan seorang anak SMK mencari pusaka-pusaka di nusantara. Tokoh Adi ditemani robotnya yang canggih, B10, mereka menumpas kejahatan yang ditebarkan oleh Raja Kegelapan Kokar. Film ini diproduksi oleh Batavia Pictures bekerja sama dengan Castle Production.

2. Binekon

Binekon adalah animasi buatan Oktodia Mardoko dan Haryadhi yang tergabung dalam Belantara Studio. Kisah-kisah yang diangkat dalam animasi ini adalah kisah dengan muatan Nusantara. Binekon sendiri berarti Bhineka Icon, di mana sedari awal konten-konten yang ingin disajikan adalah konten dengan muatan budaya Indonesia.

3. ASIA RAYA

Sebuah karya animasi buatan mahasiswa Bina Nusantara yang mengisahkan tentang ekspansi tentara Jepang ke Indonesia. Animasi ini mengambil dari sudut pandang prajurit Jepang yang sangat percaya dengan sebuah ramalan tua tentang nasib Nusantara. Asia Raya berhasil menjadi film animasi terbaik FFI 2014. Film ini diproduksi Crymsonite Pictures dan disutradarai oleh Anka Atmawijaya.

4. RENOBOT

Robot yang diberi nama Renobot mempunyai semangat besar untuk melestarikan alam. Siapa sangka latar belakang kota yang digunakan adalah latar kota Semarang lho. Wih, bagaimana ceritanya ya? Renobot merupakan hasil karya anak muda bernama Faisal Rizky dan dibantu oleh Komunitas Berang (Blender Army Regional Semarang). Animasi ini pernah masuk nominasi Inaicta, Tingkat Nasional Juara 3 Increfest 2013.

5. Songgo Rubuh

Animasi yang dikerjakan rumah produksi Digital Global Maxinema dari kota Malang ini menceritakan tentang 2 tokoh yang menjaga gerbang Wirabraja (Lombok Abang), yang 1 bernama Songgo orangnya baik hati dan satunya lagi bernama Rubuh yang galak dan usil. Dalam animasi ini menceritakan tentang keseharian mereka menjaga gerbang kraton Yogyakarta tersebut.

6. Vienetta Negeri Terakhir

Studio Anime Kampoong Monster Studios merilis sebuah episode pilot dari proyek Animasi terbaru mereka bertajuk Vienetta Negeri Terakhir (Rise of Nuswantara). Anime ini diangkat dari karakter Vienetta Putri Aulia rekaan Alfi Zachkyelle yang sebelumnya pernah diangkat juga ke dalam komik berjudul Dua Warna dan juga VIENETTA feat The Stupid Alien. Bercerita mengenai Vienetta, seorang gadis SMU yang terseret kedalam petualangan demi menyelamatkan Indonesia dari kehancuran yang disebabkan oleh bencana-bencana misterius.

7. Siaga Barung Merah

Siaga barung merah adalah film animasi yang menceritakan mengenai kehidupan anak-anak pramuka, nah untuk anak pramuka sangat bagus untuk menonton film ini. Serial animasi yang didukung Yayasan Ladang Media tersebut dibuat oleh ADBstudio yang berlokasi di kota Yogyakarta. Dan usut punya usut, ternyata film kartun Siaga Barung Merah ini juga didukung dan disponsori oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga.

8. Garuda Riders, The Adventures of Wanara Trilogy

Berawal dari kesuksesannya membuat komik digital yang tembus mencapai Jepang, arek-arek Suroboyo ini kemudian membuat komik tersebut kedalam bentuk animasi. Garuda Riders adalah animasi yang diangkat dari novel fantasi wayang yang dibuat oleh Adhicipta Raharja Wirawan. Garuda Riders menceritakan mengenai Tilogi dari The Adventures Of Wanara. yaitu Senja (Garuda Riders), malam (Rise Of Asura), dan Fajar (Holy Wanara Returns).

9. Pada Suatu Ketika (Transformers Indonesia)

Film pendek berdurasi empat menit lebih ini diberi judul Lakon Pada Suatu Ketika. Digarap oleh sebuah studio animasi lokal bernama Lakon Animasi. Dari tampilan visual, bisa dibilang tak kalah dengan buatan luar negeri macam Disney atau Dream Work. Dibuat tahun 2011 silam, animasi ini menunjukkan beberapa potret kehidupan sehari-hari dari masyarakat kita, seperti tampilan rumah padat penduduk, suasana pasar beserta hiruk-pikuk suasana di dalamnya. Uniknya di sini ada elemen Transformers, dan yang berubah menjadi robot adalah bajaj, bus kopaja, juga lainnya.

10. Hebring

Bisa dibilang kalau Indonesia kekurangan superhero lokal. Menyikapi hal tersebut, Main Motions Studio menciptakan sebuah tokoh jagoan super bernama Hebring. Meskipun bertema pahlawan super, namun tokoh ini digambarkan sebagai superhero kocak. Nama Hebring juga diambil dari bahasa Sunda yang berarti hebat. Kisah superhero ini bermula ketika seorang pemuda desa bernama Heru yang secara tak sengaja menemukan sebuah kostum super, kemudian ia gunakan kekuatan tersebut untuk memberantas kejahatan dan menolong orang lain dari bahaya.

11. Uwa dan Rimba Indonesia

Uwa dan Rimba Indonesia adalah film serial animasi edukasi anak anak produksi Hicca Animation Studios asal Yogyakarta. Berisi tentang petualangan tiga satwa langka Indonesia: Badak cula satu, Orang utan, dan Harimau sumatera.

12. Vatalla Sang Pelindung

Vatalla sang pelindung adalah animasi yang diproduksi oleh stasiun televisi TRANS7.  Animasi yang diangkat dari komik Vienetta feat the Stupid Aliens karya Alfi Zackyelle (yang juga menyutradarai langsung film animasinya) dibuat dan diambil dari komik anak bangsa dan ditayangkan di TRANS7.

13. Kuku Rock You

“Kuku Rock You” merupakan salah satu film animasi garapan Digital Globe Maximena. Dari judul film yang ada kata ‘rock’-nya, bisa diketahui kalau animasi ini memiliki unsur cerita yang ada keterkaitannya dengan genre musik cadas tersebut. Film animasi ini memang mengangkat kisah tentang kehidupan seekor ayam kampung bernama Jagur yang memiliki obsesi menjadi seorang rockstar. Tiap shubuh, dirinya selalu membangunkan ayam-ayam lain dengan vokal melengking bak Axl Rose dan dandanan ala rocker.

14. Sahabat Pemberani

 

Sahabat Pemberani adalah film yang dibuat KPK sebagai deseminasi anti korupsi sejak dini, di mana dalam film ini memuat banyak pesan agar sejak dini kita tidak melakukan korupsi “seperti membelanjakan uang kembalian dari orang tua tanpa meminta izin”.

15. Nina Sahabatku

Nina Sahabatku adalah karya animasi buatan lokal dan dikerjakan orang-orang Indonesia, yang merupakan sinergi bersama antara Sony Music Entertainment Indonesia dan Dreamtoon Animation Studios. Bersama dengan kelima sahabatnya, Nina banyak belajar mengenai alam. Mereka menyanyi dan menari bersama dengan iringan lagu-lagu karya A.T. Mahmud. Selain itu Nina belajar banyak hal, mulai dari mengenai huruf, berhitung, mengenal warna, dan lain-lain.

16. Keluarga Somat

Keluarga Somat adalah serial animasi Indonesia yang diproduksi oleh Dreamtoon Animation Studios. Pak Somat adalah pegawai pabrik yang memiliki istri bernama Inah dan dua orang anak, Dudung dan Ninung. Keluarga mereka sederhana namun penuh hiruk-pikuk, keceriaan dan masalah yang biasa terjadi di kehidupan masyarakat sehari-hari.

17. Si Entong

Dibuat oleh MNC Animation, kisah ini menceritakan tentang seorang anak yang bernama Entong, berusia 10 tahun dan tinggal di salah satu kampung yang ada di Jakarta. Si Entong disukai oleh orang-orang di sekitarnya karena mempunyai sifat baik dan penolong. Tidak hanya itu, Entong juga terkenal sebagai anak yang cerdik.

18. Tendangan Halilintar

Tendangan Halilintar karya MD Animation ini berkisah tentang dua kakak beradik yang mengendalikan mainan orang-orangan yang dibentuk dalam satu tim untuk bermain bola di atas papan permainan. Saat bermain itulah, kisah mainan yang digerakkan oleh mereka itu direpresentasikan ke dalam adegan yang lebih nyata yaitu pemandangan bertanding sepak bola di dunia fantasi yang dilengkapi fitur kekuatan spesial, tendangan super, halangan rintangan, dan kekuatan sakti lainnya.

19. Adit & Sopo Jarwo

Film animasi anak-anak ini diproduksi oleh MD Animation dengan mengangkat kisah persahabatan dari Adit, Dennis, Mitha, Devi, dan si mungil Adelya. Dalam kehidupannya, banyak kisah seru yang telah dialami oleh mereka, apalagi jika sudah berurusan dengan Sopo dan Jarwo.

20. Battle of Surabaya

“Battle of Surabaya” merupakan film animasi 2D garapan MSV Pictures dan menyerupai anime buatan Jepang. Film ini mengangkat kisah tentang tragedi 10 November yang terjadi di Surabaya pada tahun 1945 silam. Kisah dari film ini berfokus pada sosok karakter fiktif bernama Musa. Ia dipercaya oleh para pejuang untuk mengirim surat dan kode-kode rahasia yang dikombinasikan dengan lagu-lagu keroncong dari Radio Pemberontakan Rakyat Indonesia.

 

Itulah 20 animasi keren buatan anak muda bangsa kita, bermacam-macam cerita ditampilkan, ada yang mengusung tema tokoh legendaris, perjuangan, kehidupan sehari-hari, dan lain-lain. Walau ada beberapa yang grafiknya tidak begitu bagus dibanding dengan animasi luar negeri sana, namun untuk ukuran animasi lokal yang memang sedang dalam tahap proses berkembang itu sudah cukup memuaskan. Semoga saja para animator negeri ini tetap berkarya di tengah gempuran industri animasi luar negeri, kita sebagai penikmat juga harus mendukung mereka, kalau bukan kita lalu siapa lagi. Ayo terus dukung Animasi dalam negeri!

What's Your Reaction?

Angry Angry
0
Angry
Cute Cute
0
Cute
Fail Fail
0
Fail
Geeky Geeky
0
Geeky
Lol Lol
0
Lol
Love Love
1
Love
OMG OMG
1
OMG
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF

Inilah 20 Animasi Keren Buatan Indonesia

log in

reset password

Back to
log in