Ketinggalan Anime Yu-Gi-Oh!? Ini Dia Timeline Singkatnya Serial Yu-Gi-Oh!


Banyak manga dalam Weekly Shonen Jump di era 90’an telah diadaptasi menjadi anime. Salah satu anime yang sukses dari Shonen Jump tersebut adalah serial Yu-Gi-Oh! karya Kazuki Takahashi. Bagi kalian generasi 90’an, siapa sih yang tidak mengenal serial ini?

Kebanyakan dari kita, hanya mengenal anime Yu-Gi-Oh! cukup pada serial yang pertama yang bertajuk “Yu-Gi-Oh! Duel Monsters”. Nyatanya, hingga kini serial anime ini masih on-going dan sudah beberapa kali diangkat ke dalam layar lebar. Serial anime Yu-Gi-Oh! kini telah mencapai generasi ke-7, dan pastinya, tak banyak dari kita yang masih mengikuti serial anime ini.

Buat kalian yang penasaran sudah sampai sejauh mana serial ini, simak timeline Yu-Gi-Oh! berikut ini!

Yu-Gi-Oh!1. Yu-Gi-Oh!

Serial TV (1998) /27 Episode

Yu-Gi-Oh! merupakan serial dari anime ini yang paling pertama. Serial ini menceritakan tentang Yugi Mutou, seorang siswa SMA yang menyukai permainan dan teka-teki. Suatu hari, dia berhasil menyelesaikan sebuah puzzle mesir kuno yang disebut Millenium Puzzle. Dari dalam puzzle tersebut, sesosok alter-ego dari Yugi itu sendiri yang disebut Yami Yugi muncul. Untuk melindungi Yugi dan teman-temannya dari kejahatan, Yami Yugi menantang musuhnya ke dalam Shadow Games.

 

 

2. Yu-Gi-Oh!Yu-Gi-Oh! Movie 99

Movie (1999)

Merupakan film layar lebar pertama dari serial Yu-Gi-Oh! yang menceritakan tentang seorang anak bernama Shougou Aoyama yang menemukan sebuah kartu langka dari permainan Magic & Wizards yang disebut dengan Red-Eyes Black Dragon. Merasa iri dengan temuan Shougou, teman sekelas Yugi bernama Seto Kaiba kemudian mengadakan turnamen dari permainan Magic & Wizards dan mengundang Yugi dan Shougou untuk berpartisipasi di dalamnya.

 

 

3. Yu-Gi-Oh! Duel Monsters

Yu-Gi-Oh! Duel Monsters

Serial TV (2000-2004)/ 224 Episode

Yu-Gi-Oh! Duel Monsters adalah serial ke-2 dari anime tersebut, namun benar-benar berbeda dan sama sekali tak ada hubungannya dari serial sebelumnya. Mulai dari serial ini, nama dan konsep permaninan Magic & Wizards diganti sepenuhnya menjadi Duel Monsters. Serial ini menceritakan tentang Yugi dan sosok alter-ego-nya, Yami Yugi beserta teman-temannya yang memainkan permainan kartu Duel Monsters. Namun, sedikit demi sedikit, masa lalu Yami Yugi yang tersirat dalam permainan tersebut mulai terkuak.

 

4. Yu-Gi-Oh! Duel Monsters Battle CityYu-Gi-Oh! Battle City

Episode Spesial (2002)
Merupakan episode spesial dari serial “Yu-Gi-Oh! Duel Monsters” yang menceritakan tentang event sebelum final dalam turnamen Battle City.

 

 

 

 

 

 

5. Yu-Gi-Oh! The Movie: Pyramid of Light

Yu-Gi-Oh! The Movie: Pyramid of Light

Movie (2004)

Merupakan film layar lebar ke-2, atau pertama dari serial Duel Monsters. Setting dari movie ini diambil setelah selesainya turnamen Battle City. Seto Kaiba yang tidak menerima kekalahannya dari Yami Yugi, menantangnya sekali lagi dalam sebuah Duel. Namun di tengah-tengah Duel, sesosok Makhluk jahat muncul dan mengganggu Duel mereka.

 

 

 

6. Yu-Gi-Oh! The Dark Side of DimensionsYu-Gi-Oh! The Dark Side of Dimensions

Movie (2016)

Yu-Gi-Oh! The Dark Side of Dimensions merupakan film layar lebar ke-2 dari serial Duel Monsters. Movie ini ditayangkan untuk memperingati 20 tahun berjalannya serial Yu-Gi-Oh!. Mengambil setting satu tahun setelah turnamen Battle City, Seto Kaiba sekali lagi ingin menantang Yami Yugi untuk berduel. Namun, lagi-lagi, pertarungan antara Kaiba dan Yugi diganggu oleh sesosok anak yang berbahaya bernama Diva.

 

7. Yu-Gi-Oh! GX

Yu-Gi-Oh! GX

Serial TV (2004-2008)/ 180 episode

Serial ini merupakan generasi berikutnya dari anime Yu-Gi-Oh!. Mengambil setting sepuluh tahun setelah serial “Yu-Gi-Oh! Duel Monsters”, di mana seorang anak bernama Yuki Judai memasuki sekolah Duel bernama Duel Academia yang didirikan oleh Seto Kaiba. Dalam masa-masa sekolahnya, Yuki Judai bertemu dengan kekuatan-kekuatan jahat yang membahayakan Duel Academia tersebut.

 

 

8. Yu-Gi-Oh! 5D’s

Serial TV (2008-2011)/ 154 Episode

Yu-Gi-Oh! 5D's

Serial ini memperkenalkan setting, tokoh, dan metode permainan baru dari Duel Monsters yang disebut dengan Riding Duel dan Synchro

Summon. Menceritakan tentang seorang pemuda bernama Yusei Fudo yang ingin mengambil kembali kartu berharga miliknya yang dicuri oleh temannya sendiri, Jack Atlas, dan menantangnya dalam Riding Duel. Riding Duel membutuhkan sebuah kendaraan yang didesain khusus untuk berduel, disebut dengan D-Wheeler. Dibalik persaingan Yusei dan Jack, sekelompok penjahat bernama Dark Signers muncul.

9. Yu-Gi-Oh! 5D’s Shinka Suru Ketto! Stardust VS. Red Demons

Episode Spesial (2008)

Episode khusus dari serial “Yu-Gi-Oh! 5D’s” yang menceritakan tentang Riding Duel antara Yusei dan Jack. Dengan kartu andalannya masing-masing, Stardust Dragon milik Yusei dan Red Demon’s Dragon milik Jack saling mengadu kekuatannya.

10. Yu-Gi-Oh!: Bonds Beyond TimeYu-Gi-Oh!: Bonds Beyond Time

Movie (2010)

Movie kali ini menggabungkan ketiga tokoh utama dari serial Duel Monsters, GX, dan 5D’s. Menceritakan tentang sesosok jahat bernama Paradox yang berasal dari masa depan yang kembali ke masa lalu untuk merubah sejarah. Yusei yang berusaha menghentikannya, mengejar Paradox menuju masa lalu, di mana dia bertemu Judai dan Yugi yang kemudian menggabungkan kekuatan mereka untuk menghentikan Paradox.

11. Yu-Gi-Oh! ZEXALYu-Gi-Oh! ZEXAL

Serial TV (2011-2014)/ 146 Episode

Merupakan generasi ke-4 dari permainan Duel Monsters yang memperkenalkan metode permainan
baru yang disebut dengan Xyz Summon. Menceritakan tentang seorang anak bernama Yuma Tsukumo yang selalu kalah dalam duel, namun dia bertemu dengan sosok gaib bernama Astral yang membantunya dalam setiap duel. Namun, demi mengembalikan ingatan Astral yang menghilang, Yuma harus mendapatkan kartu Numbers, yang merupakan kunci dari masa lalu Astral.

12. Yu-Gi-Oh! Arc-VYu-Gi-Oh! Arc-V

Serial TV (2014-2017)/ 148 Episode

Yu-Gi-Oh! Arc-V (Arc Five) memperkenalkan metode permainan baru yang disebut dengan Pendulum Summon.

Menceritakan tentang seorang anak bernama Sakaki Yuya yang bercita-cita menjadi seorang Duel Entertainer. Dalam perjalanannya berlatih untuk menjadi Duel Entertainer, Yuya bertemu dengan 3 sosok anak (Yuto, Yuri, Yugo) yang memiliki wajah yang sama persis dengannya. Setelah pertemuan mereka, Yuya berpetualang melewati dimensi demi menyelamatkan temannya Yuzu dan mengalahkan Duelist jahat bernama Zarc.

13. Yu-Gi-Oh! VrainsYu-Gi-Oh! Vrains

Serial TV (On-going)

Merupakan generasi ke-6 dari serial permainan Duel Monsters. Serial ini memperkenalkan metode
permainan yang baru lagi, disebut dengan Link Summon. Menceritakan tentang seorang pemuda bernama Yusaku Fujiki, seorang Duelsit sekaligus Hacker dengan identitas rahasianya, Playmaker. Duel kali ini mengambil setting di dalam dunia maya yang disebut dengan Link Vrains. Di dalam dunia maya tersebut, Yusaku bertemu sebuah AI bernama Ignis, yang diincar oleh beberapa kelompok bernama Knights of Hanoi dan SOL Technologies. Yusaku yang harus melindungi Ignis perlahan menguak rahasia dari masa lalu Ignis.

Nah, dari timeline tersebut di atas, kalian sudah tau kan, sampai sejauh mana serial Yu-Gi-Oh! saat ini?

What's Your Reaction?

Angry Angry
0
Angry
Cute Cute
0
Cute
Fail Fail
0
Fail
Geeky Geeky
0
Geeky
Lol Lol
0
Lol
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
3
Win
WTF WTF
1
WTF
Pedih Di Mata
A single man namely Muhammad Rofiquzzaman. A translator at Samehadaku.net and Jack of translations, Bachelor of Arts, a Duelist, and a theatrical director. Applying nickname of "Pedih Dimata" based on the nickname on his character in Ragnarok Online and Counter Strike 1.6.

Ketinggalan Anime Yu-Gi-Oh!? Ini Dia Timeline Singkatnya Serial Yu-Gi-Oh!

log in

reset password

Back to
log in